Bupati Minahasa Hadiri Rakornas Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Th 2018 di Jakarta

MINAHASA – DIREKTUR Jenderal Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen OTDA Kemendagri) Sumarsono menegaskan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018 diselenggarakan sebagai upaya memperkuat soliditas pemerintah pusat, pemerintah daerah, KPU, dan Bawaslu dalam mengawal Pilkada Serentak 2018.

“Pilkada serentak harus sehat tanpa isu SARA. Pilkada jujur tanpa politik uang sehingga Pilkada menggembirakan. Kami semua bersaudara,” kata Sumarsono kepada kepala daerah provinsi, kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat pada Selasa (20/02).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakab Minahasa Drs Moudy Pangerapan mengatakan, Dirjen OTDA Kemendagri menjelaskan Optimalisasi dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam memetakan potensi konflik disertai koordinasi intensif dengan aparat penegak hukum menjadi hal yang perlu dikedepankan.
“Pemerintah pusat dan daerah bantu aparat keamanan dengan memetakan lokasi yang diidikasi terjadi konflik sehingga dapat meminimalisir potensi dan dampak yang ditimbulkan dari gesekan horizontal di tengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi usai menghadiri kegiatan menyampaikan bahwa dalam rakor ini untuk memperkuat upaya pencegahan korupsi menjelang Pilkada. Memperkuat upaya transparansi dan akuntabilitas dana hibah Pilkada serta memperkokoh netralitas birokrasi.

“Rakor ini bertujuan membangun dan menyebarluaskan semangat kebebasan berdemokrasi kepada semua pihak untuk menerima hasil Pilkada secara wajar. Siap menang siap kalah dan lebih mengedepankan hukum dalam sengketa proses pilkada,” tandasnya.
(vendry)

Related posts