Disdukcapil Kab. Cirebon Optimis 127.000 E-KTP SIAP CETAK TAHUN 2017

Cirebon  – Animo masyarakat kab. Cirebon untuk memiliki identitas kependudukan (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK) nampaknya cukup tinggi hal tersebut terbukti setiap hari ratusan warga dari berbagi kecamatan memadati ruang pelayanan identitas kependudukan di Disdukcapil Kab. Cirebon komplek perkantoran Setda Kab. Cirebon Jalan Sunan Giri Sumber khusus untuk pemohon E-KTP.

Berdasarkan data yang diperoleh Nusantara News dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mencatat hingga hari ini (27/07) sudah ada 127.000 blanko E-KTP yang siap cetak.
Menurut Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Suyatno dari jumlah blanko yang siap cetak tersebut pihaknya optimis akan menyesaikan hingga akhir tahun 2017.
“Masyarakat tidak usah khawatir tidak memiliki E-KTP karena dari 127.000 blanko yang siap cetak itu kami terus proses pencetakannya setiap hari, dan kami optimis Insya Allah semua akan selesai di tahun 2017”, kata Suyatno.

Suyatno melanjutkan, jika dalam kondisi normal, Disdukcapil dapat memproses E-KTP sampai terbit (cetak) antara 800 hingga 1000 blanko.
“Jika tanpa kendala, maka target pencapaian itu akan terpenuhi”, lanjutnya.
Kabid Dafduk berharap kepada masyarakat agar bisa lebih bersabar menunggu proses cetak E-KTP.
“Khusus bagi masyarakat yang mengurus E-KTP akibat rusak atau hilang terlebih bagi masyarakat yang terdesak membutuhkan identitas kependudukan tersebut kami (Disdukcapil) membantu mempermudah dengan membuka layanan pembuatan SUKET (Surat Keterangan) sebagai pengganti E-KTP di tiap-tiap Kecamatan di Kab. Cirebon”, jelas Suyatno.

Suyatno menambahkan hal itu sudah diberlakukan sejak 24/07 yang lalu, karena fungsi suket sama dengan E-KTP bisa digunakan untuk berbagai keperluan terkait pelayanan pengurusan termasuk perbankan.
“Saat ini, bagi warga yang membuat suket (Surat Keterangan) sudah tidak harus antri di dinas lagi tapi cukup di kec. masing-masing saja”, tambahnya.

Penulis : Nadiri

Editor & Publish : Eny

Related posts