Infrastruktur Jalan Desa Telentam Kabupaten Bungo Rusak Oleh PT. SATYA KISMA USAHA (SKU) Sinar Mas Group

Bungo – Jalan utama Desa Telentam untuk menuju Desa Candi dan Desa Lubuk Landai sebagai akses masyarakat mengangkut hasil kebun untuk dijual ke pasar, jalan yang dapat dinikmati oleh masyarakat sejak tahun 2010 sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil pendapatan tapi kondisi jalannya saat ini udah mulai rusak.


Masyarakat Desa Telentam hanya menikmati jalan tersebut dengan mulus hanya sekitar 2 tahun, jadi dari tahun 2010 – 2012 dan selanjutnya jalan yang dilalui telah mengalami kerusakan dikarenakan aktivitas perusahaan perkebunan di daerah sekitar Desa Telentam.

Hanya dua tahun masyarakat desa menikmati jalan dengan mulus tapi  tahun berikutnya jalan tersebut pelan-pelan mengalami kerusakan karena aktivitas PT. SKU yang mengangkut hasil perkebunan sawit mereka yang melebihi tonase kemampuan jalan, transportasi untuk mengangkut sawit yang berupa truck yang hanya kapasitas diizinkan adalah kurang lebih 6 ton tapi kenyataannya muatan truck tersebut mencapai 10 ton lebih hanya sawitnya saja jadi kalo ditotal dengan berat kendaraan yang sekitar 3,5 ton maka berat keseluruhan mencapai sekitar 13,5 ton sementara kekuatan beban jalan sekitar 8 ton.

Semua aktivitas perusahaan PT. SATYA KISMA USAHA (SKU) melalui jalan yang diperuntukkan masyarakat, dan pihak perusahaan tidak berusaha untuk memiliki jalan sendiri untuk mengangkut hasil perkebunan mereka. Perusahaan  di bawah Sinar Mas Group adalah salah satu perusahaan yang besar di Asia tapi dalam operasional mereka masih menggunakan fasilitas masyarakat.

Masyarakat desa tidak bisa berbuat apa-apa karena takut yang dihadapi adalah perusahaan besar,”Kami susah nian lah pak dengan jalan kami ko yang sudah rusak nih, lamo kami minta samo pemerintah untuk dapat jalan iko, senang hati kami dengan ado jalan iko tapi sekarang kami idak dapat lagi menikmati jalan iko karena sudah dirusak samo Perusahaan yang Gedang yang ado sekarang iko, kami dak berani samo perusahaan itu, takut nian kami, kagek kami entah keno apo-apo oleh perusahaan itu, duitnyo banyak pak, dio biso nyewo preman-preman bayaran, jadi kami berharap pemerintah untuk memberi sanksi samo PT. SKU tuh pak,”ujar masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya.

Pernah terjadi kesepakatan antara desa dengan PT bahwa jalan tersebut akan diperbaiki tapi hanya ditempel-tempel aja dan pihak PT berjanji bahwa jalan tersebut akan dibeton tapi hingga sekarang hanya tinggal janji-janji yang entah kapan dilaksanakan. ”Kami sebagai pemuda desa Telentam sudah tidak  tahan lagi melihat PT ini yang hanya memberi angin surga bahwa akan ada perbaikan jalan, jika tidak ada juga realisasinya kami akan mengambil jalan kami sendiri, kami akan berencana menutup akses jalan untuk PT. SKU yang nakal ini alias meraso jagoan,” ujar Indra Pemuda desa.

Hasil konfirmasi dengan pihak PT. SKU hanya dapat menemui salah satu staff kantor yang tidak bisa memberi penjelasan karena bukan kapasitasnya. (Sawawi)

Related posts