Jelang Pilkada Minahasa, TNI POLRI Rakor PAM Bersama

Minahasa, Sulut – POLRI dan TNI Minahasa menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pengamanan (PAM) Pemilu Kada tahun 2018 di Kabupaten Minahasa yang dilaksanakan di ruang Aula Maesa, Mako Polres Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (17/01) pagi.

Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung SIK didampingi Dandim 1302/Min Letkol Inf. Juberth Nixon Purnama,S.Th

Kapolres Minahasa AKBP Christ Reinhard Pusung SIK mengatakan, beberapa agenda kegiatan hari ini (Rabu) yaitu rapat koordinasi (Rakor), show of force dan pemasangan baliho yang serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten Kota pelaksana Pemilu Kada.
Dalam Rakor tersebut disebutkan masalah kekuatan keamanan Pemilu Kada. Intinya dua per tiga kekuatan Kodim 1302 Minahasa di-BKO-kan dari kekuatan Polres Minahasa. Pasalnya, kabupaten Minahasa bisa dijadikan barometer Pilkada di Sulawesi Utara.
“Berkaitan dengan rapat koordinasi tadi yang kami bersama-sama membahas masalah BKO TNI ke POLRI. Sesuai petunjuk dari pimpinan atas bahwa 200-an anggota dari Kodim 1302/Min atau 2/3 kekuatan di-BKO-kan kepada jumlah kekuatan Polres Minahasa. Sebanyak 350-an anggota terlibat dalam pengamanan Pilkada kabupaten Minahasa. Kita jadikan Minahasa sebagai barometer Pilkada di Sulut,” kata Kapolres kepada awak media usai rakor.

Hal yang sama juga disampaikan Kepolisian Resor Tomohon, menurut Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK sebagai pemegang tiga wilayah kecamatan yang ada di kabupaten Minahasa, tetap mengerahkan kekuatan personil yang dimilikinya.
“Ada tiga kecamatan yang berada di kabupaten Minahasa, masuk wilayah kepolisian Tomohon. Namun untuk menjaga keamanan dan ketertiban pemilihan kepala daerah di kabupaten Minahasa, kami libatkan 2/3 juga jumlah personil Polres Minahasa sesuai protap/sesuai aturan yang berlaku di tubuh POLRI. Secara all out,” tegasnya.
Sementara pihak TNI, melalui Dandim 1302/Min Letkol Inf. Juberth Nixon Purnama,S.Th berujar bahwa
TNI selalu memberikan bantuan dan dukungan keamanan berdasarkan Undang-Undang TNI.
“Sebagai daerah teritorial Kodim 1302/Min, sebisa mungkin saya maksimalkan membantu dan mendukung Kepolisian Resor Minahasa agar penyelenggaraan Pemilu Kada di kabupaten Minahasa berjalan aman. Salah satu bagian dalam amanah Undang-undang TNI, membantu tugas POLRI,” pungkas Purnama.

Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK

Usai Rakor, dengan menunggangi moge atau motor gede, Kapolres Minahasa diapit Dandim Minahasa dan Kapolres Tomohon beserta seluruh prajurit dan personil TNI POLRI melakukan konvoi atau show of force secara teratur menuju kantor Bupati Minahasa dalam agenda Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan TNI POLRI dalam hal ini Polres Minahasa, Polres Manado, Polres Tomohon serta Kodim 1302/Min dan Kodim 1309/Manado.
(vendry)

Related posts