KETUA DPRD :  GALIAN PIPA PDAM DI JALAN RAYA CIKARANG-CIBARUSAH SEGERA  DIRAPIKAN

Bekasi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, Sunandar, sangat menyayangkan tidak dirapikannya bekas pemasangan pipa milik PDAM Tirta Bhagasasi yang ada di ruas Jalan Raya Cikarang – Cibarusah.

Hal itu lantaran banyaknya warga dan pengguna jalan yang melintas di jalur itu mengeluh.
“Jika proyek galian itu sudah selesai, maka seharusnya pihak-pihak terkait bertanggungjawab dan dapat mengembalikan fungsinya seperti semula. Artinya dirapikan kembali, sehingga tidak membahayakan pengguna jalan,” tegas Sunandar yang ditemui di teras gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis (22/2).

Dia menegaskan, bentuk galian apapun harus memperhatikan keselamatan masyarakat. Apalagi galian itu berada di jalan umum yang masuk wilayah Kabupaten Bekasi, meskipun kewenangannya provinsi.

“Saya yakin yang punya proyek itu paham SOP nya, kalau masih saja tidak menaati berarti itu kecerobohan,” tandasnya.
Dia menambahkan, apabila belum selesai, harusnya diberi rambu-rambu bahwa jalan tersebut tidak aman untuk dilewati.

“Minimalnya kan masyarakat tahu kalau di sana ada bekas galian. Kalau tidak diberi rambu-rambu jelas membahayakan,” imbuhnya.
Ia pun menghimbau agar pengguna jalan juga tetap berhati-hati dan selalu waspada saat melintas di jalur tersebut.
“Masyarakat juga harus berhati-hati dan tetap waspada saat berkendara,” kata dia.

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan lalu lintas terjadi di Jl. Raya Cikarang – Cibarusah, tepat di depan Masjid Kandang Roda Al Muqorrobin, Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan, Selasa (20/02) siang sekitar pukul 11.10 WIB.

Sebuah dump truk bernomor polisi B 9940 FYV terguling lalu menabrak mobil Suzuki Carry bernomor polisi T 8657 DU usai tergelincir akibat lubang besar bekas galian PDAM Tirta Bhagasasi.

Yang semula diaspal, namun setelah digali hanya ditutup saja dengan tanah dan batu, sehingga antara aspal dan urugan bekas galian ada jarak.

Informasi yang diterima, peristiwa ini bermula saat dump truk yang dikendarai oleh Asep Rahman Ardan (41), melaju dari arah selatan menuju timur.
Setibanya di lokasi kejadian, dump truck tersebut tergelincir akibat adanya lubang bekas galian PDAM sehingga terguling dan menabrak mobil Suzuki Carry yang dikendarai Endang Iwan (31).

Beruntung, akibat peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Kedua pengemudi kendaraan yang terlibat kecelakaan hanya mengalami luka ringan.

KiwiL- (*)

Related posts