Ketua RT dan RW Se Vila Mutiara Cikarang Bentuk Forum Komunikasi RT RW Bersatu

Bekasi – Untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi antar sesama pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang ada di perumahan Vila Mutiara Cikarang 1,Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Ketua RT dan  RW mengadakan pertemuan antar RT dan RW Se Vila Mutiara Cikarang.

Ketua RT dan Ketua RW sedang mendengarkan arahan.

Dalam diskusi dan pertemuan informal tersebut, sebanyak 13 orang Ketua RT dari jumlah keseluruhan RT dan 2 orang dari perwakilan RW sepakat untuk membentuk sebuah wadah organisasi yang dinamai “Forum Komunikasi RT – RW Bersatu”.

Acara pembentukan struktur organisasi digelar di Aula Masjid An Nur pada hari Minggu(23/7/17) pukul 20.00 – 23.00WIB. Turut hadir Kepala Desa Ciantra Inta Sasmita dan sekdes Ciantra.  Terpilih sebagai Ketua Forum adalah  Karsana yang juga Ketua RT 29 sedangkan Sekretaris dipercayakan kepada Wahyuddin yang akrab dengan panggilan Kiwil dari RT 027. Bendahara dijabat oleh Yadi Santoso dari RT 15.

Menurut Karsana, Forum Komunikasi RT RW Bersatu di Desa Ciantra ini , baru pertama kali terbentuk di Perumahan Vila Mutiara Cikarang. Visi dan Misinya adalah menjadikan warga perumahan Vila Mutiara Cikarang  ini menjadi sejahtera dan mempererat Silatuhrahmi antar warga.  Ke depan ia mengharapkan desa lain dapat membentuk forum sejenis sehingga kerjasama forum ini akan semakin luas dan kontribusi untuk Kabupaten Bekasi semakin maksimal.

Forum ini dinilai sangat strategis fungsi dan perannya. Tidak hanya bagi masyarakat namun forum ini diharapkan akan semakin meningkatkan perannya sebagai ujung tombak pemerintah di level yang terendah.  Forum komunikasi ini juga akan memaksimalkan fungsinya sehingga dapat mensinergiskan program pemerintah ke masyarakat di lingkungan RT RWnya  masing-masing.

Ketua RW 009 yang juga Sekretaris 2 Forum Komunikasi RT RW Bersatu(FKRRB) menyatakan selama tiga tahun mengabdi sebagai ketua RW di lingkungan Jalan Blok G, tidak pernah sekalipun mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat maupun pemwerintah daerah ini dikarenakan belum adanya pelepasan Pengembang yang dalam hal ini ISPI Group. Semua pembangunan dan pengecoran jalan diambil dengan swadaya masyarakat. Semua tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus RT RW  dikerjakan mereka dengan penuh keikhlasan dan dedikasi penuh.

Ke depan, pengurus Forum komunikasi Rt RW Bersatu mengharapkan perhatian pemerintah dan DPRD Kabupaten Bekasi agar bisa mengalokasikan dananya untuk pembamgunan infrastruktur dan bamgunan lainnya, dan juga pemkab Bekasi diharapkan memberikan perhatian kepada Ketua RT se Bekasi dengan mengalokasikan dana tunjangan kepada semua RT dan RW yang ada  di Bekasi.
Dana tersebut apakah dalam bentuk tunjangan bulanan atau asuransi kesehatan serta bentuk perhatian lainnya. Bagi pengurus RT RW, bukan nilai atau jumlahnya yang menjadi ukuran namun perhatian serta kepedulian pemerintah akan sangat berarti bagi mereka sehingga kinerja mereka sebagai ujung tombak pembangunan dapat lebih maksimal.

Penulis  : K 1 WIL

Editor & Publish : Eny

Related posts