LSM dan ORMAS di Kab.OKU Menjalani Bimbingan Rutin 2 Kali per Tahun

Baturaja – Untuk lebih memberikan pengetahuan luas tentang keorganisasian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU, mengadakan Bimbingan kepada 52 Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan 69 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU ini.

Acara ini digelar di Ruang Rapat kantor Dinas Kesbang Pol, Kabupaten Ogan Komering Ulu OKU  dan dilaksanakan selama satu hari pada hari Kamis, (24/11/2017).

Acara tersebut dihadiri, Kepala Kejaksaan Baturaja Kejari, Sugeng Sumarno,SH, Kepala Kepolisian Baturaja (Kapolres) AKBP Dra. Ni Ketut Widayana Sulandari yang diwakili  Kasat Binmas Polres OKU AKP Roy Prima Aldila S.Ik, dan Ketua ORMAS serta LSM yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab.Oku.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten  OKU, Taufiq, SH, MM menyampaikan dalam acara ini sangatlah penting sekali untuk menjaga hubungan baik antar Ormas dan LSM dengan pemerintah. Di mana banyak sekali ditemukan permasalahan menyangkut Ormas dan LSM itu sendiri, baik mengenai permasalahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

AKP Roy Prima Aldila,S.Ik mewakili Kepala Polres OKU yang berhalangan hadir, dalam arahan dan sambutannya mengatakan,” Pelaksanaan kegiatan penyuluhan kepada Ormas dan LSM di Kabupaten OKU merupakan program dalam 2 x per tahunnya dari SKPD Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kesbangpol Kabupaten.

“Kegiatan ini mempunyai makna penting untuk meningkatkan partisipasinya dalam berorganisasi dalam tatanan pembangunan baik di pusat dan di daerah,”lanjutnya.

“Selaku pengurus atau anggota ORMAS & LSM haruslah saling menjaga kesatuan dan persatuan bangsa ini. Dan jangan sampai terbentur dengan hukum, apa bila didapatkan LSM dan ORMAS yang terindikasi memeras, baik kepada pihak SKPD maupun BUMD, kami akan menindak lanjutinya,”jelas Roy.

Ia menghimbau agar  Ormas & LSM bisa bekerja sama dengan pemerintahan yang ada, agar segera mendaftarkan organisasinya pada Instansi terkait yaitu KESBANGPOL Kab. OKU, dan harus jelas ormasnya. Ada kantor dan pengurus serta harus ada Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) tiap 6 bulan sekali Laporan ke Badan Pengawasan di KESBANGPOL,”imbuhnya.

(Supriadi)

Related posts