Peletakan Batu Pertama Pembangunan Komplek Ciangir, “Rumah Harapan Pemasyarakatan”

Kab Tangerang- Peletakan batu pertama untuk Komplek Pemukiman Pemasyarakatan yang berlokasi di Kelurahan Ciangir Kecamatan Legok Kabupaten Tangerang. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Banten Andhika Azrumi, Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Hermasyah, Dirjen PLT Mahmud, KemenHumHam Yasonna H Laoly, Tokoh Masyarakat KH. Sanusi. Rabu (11/10/2017).

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM siapkan Ciangir sebagai Pemukiman Pemasyarakatan. Tahun 2006 menjadi awal mulai gagasannya Ciangir menjadi rumah hunian pembinaan bagi nara pidana.
Peletakan Batu Pertama yang juga sekaligus pembukaan pengerjaan hari pertama, dan perkiraan pengerjaan pada tahun 2017 sampai dengan pertengahan tahun 2019.

Luas pembangunan pemukiman pemasyarakatan mencapai 30 hektar dan 500 unit pemukiman yang dilengkapi fasilitas sentra kegiatan untuk produksi yaitu pertanian, perkebunan, peternakan, agrowisata, kerajinan tangan, garment, elektronika, packaging (kemasan) produk perlengkapan kebutuhan. Serta fasilitas umum dan sosial di antaranya, sarana ibadah, gedung pertemuan, kunjungan keluarga, saung, rekreasi, dan jogging track.

Dengan mengusung konsep pembinaan kemandirian berbasis industri, di Ciangir warga binaan akan dibimbing menjadi SDM potensial sebagai bagian dari pelaku pembangunan nasional. Open camp ini juga diproyeksikan menjadi pusat industri napi untuk berkontribusi dalam kemajuan ekonomi nasional, penghasil produk bernilai ekonomi penyokong nilai tambah perekonomian negara.

Menteri Hukum dan Ham Yasonna H Laoly mengatakan “Open Camp pemasyarakatan Indonesia memberikan sebuah makna negara turut hadir melindungi masyarakat dengan mereduksi unsur-unsur kejahatan melalui pembangunan kapasitas pribadi para pelanggar hukum lebih Baik,” ucapnya dalam pidato.

Dalam sambutannya Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan menambahkan pembangunan open camp Ciangir diharapkan dapat menjadi asa yang terbentang bagi pembinaan kemandirian sebagai rumah harapan bagi narapidana, pemerintah dan masyarakat.

Wakil Gubernur Banten Andhika Azrumi juga mengatakan “Saya selaku jajaran dari provinsi Banten mengucapkan selamat datang dan terima kasih sudah menyempatkan diri untuk hadir di provinsi Banten atas nama Gubernur Banten saya juga menyampaikan mohon maaf atas ketidakhadiran Gubernur Banten karena sedang menemani Presiden Jokowi di daerah Tangsel.” pungkasnya. (Uthe)

Related posts