Penandatanganan NPHD Pemkab Minahasa dan TNI POLRI

Bupati JWS : Pesta demokrasi di Minahasa luas, bangun koordinasi agar tingkat kerawanan dapat diatasi

MINAHASA – Minahasa sangat unik karena peta wilayah kabupaten Minahasa, terdapat di dalamnya Kota Tomohon. Untuk itu menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018 atau Pemilu Kada ini diperlukan koordinasi yang baik dan cepat agar kerawanan dapat diatasi.
Hal tersebut disampaikan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi atau JWS saat memberikan sambutan usai Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Nota Kesepahaman antara pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa dengan pihak TNI dan POLRI dalam hal ini Polres Minahasa, Polres Manado, Polres Tomohon serta Kodim 1302 Minahasa dan Kodim 1309 Manado pada Rabu (17/01) siang di ruang sidang kantor Bupati Minahasa.


Menurut Bupati, suksesnya pelaksanaan Pemilu Kada di kabupaten Minahasa tidak lepas dari peran penting masyarakat maupun peran utama TNI POLRI.
“Kabupaten Minahasa adalah bagian dari Indonesia dalam pelaksanaan Pemilu Kada tahun 2018. Mari sama-sama sukseskan momentum penting ini. Aspek utama dalam pelaksanaan pesta demokrasi di kabupaten Minahasa adalah kemananan karena keamanan merupakan salah satu aspek penting dalam pesta demokrasi. Dan kemananan menjadi tanggung jawab semua masyarakat dan lebih khusus aspek penting pengamanan Polres pihak Kepolisian Resor Minahasa, Tomohon dan Manado serta Kodim 1302/Minahasa dan Kodim 1309/Manado. Untuk mendukung aspek tersebut perlu didukung dana pengamanan dari kabupaten Minahasa. Meski diakui dana pengamanan akibat berkurangnya pendapatan DAU dan DD kabupaten Minahasa.
“Usulan anggaran pengamanan TNI POLRI. tidak dipenuhi secara keseluruhan akibat menurunnya cost pendapatan seperti DAU dan DD daerah. Namun kita berharap, keterbatasan anggaran ini tidak akan menurunka semangat pengamanan Pilkada di kabupaten Minahasa. Seperti kita ketahui bersama persaingaan Pemilu Kada di kabupaten Minahasa sangat panas aehingga diperlukan pengamanan secara berkesinambungan dan berkelanjutan serta dibangunnya koordinasi yang baik agar terhindar dari hal yang tidak diharapkan,” ujarnya.
Bupati berharap, peta Pilkada di kabupaten Minahasa berlangsung secara martabat dan memiliki warna tersendiri bagi demokrasi di Sulawesi Utara (Sulut).
“Sebagai pejabat pemilihan kepegawaian kabupaten Minahasa saya telah menyampaikan tidak terlibat dalam politik praktis dan tetap menjaga netralitas sebagai aparatur pemerintah. Semoga Pilkada di Minahasa dapat memberi warna tersendiri bagi demokrasi Sulut bahkan Indonesia,” pungkas JWS.
Meski begitu Bupati meyakini Pilkada di Minahasa aman dan lancar. Pasalnya, masyarakat Minahasa telah dewasa dalam berdemokrasi.
“Saya yakin Pilkada di Minahasa berjalan dengan lancar. sudah
“Dengan semakin dewasa masyarakat dalam berdemokrasi. Saya yakin Pilkada di Minahasa akan berjalan lancar. Untuk itu kita tidak terlalu kwatir. Sebagi Bupati Minahasa yang tidak ikut Pilkada kali ini saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada POLRI dan TNI yang sudah terlibat dalam kepemimpinan saya selama lima tahun. Saya percaya apa yang sudah kita kerjakan bersama akan diingat rakyat Minahasa dan kedepan akan lahir pemimpin yang dapat mengubah sesuatu yang dapat dingat juga oleh rakyat karena memiliki misi mensejahterakan rakyat,” tandasnya.

Adapun besaran hibah PAM Pilkada Pemkab Minahasa dan pihak aparat keamanan Minahasa adalah sebagai berikut :
1. Kepolisian Resor Minahasa : Rp. 4 Miliar
2. Kepolisian Resor Tomohon : Rp. 750 juta
3. Kepolisian Resor Manado : Rp. 750 juta
4. Kodim 1302/Minahasa : Rp. 1 Miliar
5. Kodim 1309/Manado : Rp. 250 juta
Acara ini dihadiri Bupati Minahasa, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi, Kapolres Minahasa AKBP Christ R. Pusung SIK, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, Dandim 1302/Min Letkel Inf. Jubert N. Purnama STh, Dandim 1309/Manado Letkol Inf. Arif Harianto, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon MSi, Bawaslu Minahasa Donny Rumagit, Perwakilan Kejari Tondano Olivia Pangemanan SH MH selaku kepala Seksi tindak pidana umum, para asisten, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.
(vendry)

Related posts