Polres Sinjai  Amankan Pawai Malam Takbir Keliling

Sinjai – Bertempat di depan Masjid Nujumul Ittihad, Jln. Persatuan Raya, kelurahan Balangnipa, kecamatan Sinjai Utara, kabupaten Sinjai, Polres Sinjai melaksanakan apel kesiapan pasukan pengamanan kegiatan pawai malam takbir keliling dalam rangka hari raya Idul Fitri 1438 H, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sinjai Kompol H. Syamsu Alam yang diikuti oleh pejabat utama Polres Sinjai, para kasat, perwira staf, personil Polres Sinjai yang terlibat pengamanan sesuai surat perintah Kapolres Sinjai, personil TNI kodim 1424 Sinjai sebanyak 1 (satu) peleton, Dinas Perhubungan 1 (satu) peleton dan Satuan Polisi Pamong Praja kab. Sinjai 1 (satu) peleton, pada hari Kamis tanggal 31 Agustus 2017 pukul 19.00 Wita.

Kegiatan  tersebut dalam rangka  mengamankan warga dari  gangguan kamtibmas pada saat pawai malam takbir keliling, dengan Kepolisian Resor Sinjai mengerahkan personil gabungan fungsi yang disebar di lokasi-lokasi rawan gangguan kamtibmas dan dibantu dari personil TNI Kodim 1424 Sinjai, Dinas Perhubungan, dan satuan polisi pamong praja kab. Sinjai.

Adapun rute untuk pawai takbiran keliling yaitu start di depan masjid agung kab. Sinjai – Jln. Persatuan Raya – Jln. Jend Sudirman – Jln. Bung Tomo – Jln. Bulu Bicara – Bulu Patukku – Jln. Gunung Latimojong – Jln. A. Pangeran Pettarani – Persatuan Raya – finish depan masjid agung.

Sementara itu Kapolres Sinjai mengungkapkan bahwa pengamanan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga terkait adanya tradisi pawai takbiran keliling dalam menyambut lebaran, namun kegiatan tersebut terkadang berpotensi menjadi gangguan keamanan, karena tidak jarang dalam perayaan pawai malam takbir keliling dengan berkonvoi di jalan raya dengan menggunakan roda 4 dan roda 2, sehingga rawan terjadinya gesekan berujung perkelahian dan rawan kemacetan serta kecelakaan lalu-lintas, sehingga perlu kesiapsiagaan dalam hal menghadapi pawai malam takbiran keliling.

Selain itu, Kapolres Sinjai juga menghimbau kepada personil yang bertugas melakukan pengamanan, agar dilaksanakan dengan penuh dengan keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta mengutamakan keselamatan.

“Dan respon cepat setiap kejadian yang terjadi, tingkatkan kepekaan terhadap yang terjadi pada malam takbiran, dan terus bersinergi dengan instansi terkait yang membantu pengamanan dengan harmonis, serta dihimbau kepada warga yang melaksanakan malam takbiran keliling agar tidak melanggar hukum,” imbuh Kapolres.

Penulis : Anwar

Editor & Publish : Eny

Related posts