Polsek dan Polres Singkawang Berhasil Tangkap Penambang Liar

Kalbar – Polsek Singkawang Selatan bersama-sama dengan anggota unit Buser Polres Singkawang pada hari Selasa, tanggal 13 Februari 2018, jam 13:00 s/d 18.00 wib, telah melakukan kegiatan penangkapan Tindak Pidana / Pasal pertambangan mineral dan batu bara sebagaimana dimaksud dalam pasal 158 UU RI. No. 04 tahun. 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara Jo pasal 2 ayat (2) huruf b PP No. 23 tahun 2010 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara, yang tidak mengantongi izin.
Tempat kejadian perkara Penangkapan (PETI) di Gudang garam Rt. 03 Rw. 01 Kel. Sagatani Kec.Singkawang Selatan.

Bermula adanya laporan masyarakat, yang sangat direspon baik oleh pihak polsek & Polres Singkawang, barang bukti yang diamankan (disita dari Tersangka) 3 (tiga) buah jerigen ukuran 35 liter dalam keadaan kosong,
1 (satu ) set mesin dompeng merk Tianli, 1 (satu) buah mesin penyedot,
3 (tiga) buah vanbelt 6 (enam) lembar kain karpet 1 ( satu ) buah engkol starter 1( satu ) buah selang bbm 1 ( satu ) buah cangkul,1 ( satu ) buah pipa besi cabang 5,  1 buah kunci pas ukuran 19, 1 buah kunci ring ukuran 19, 1 ( satu ) buah pipa spiral ukuran 5 inch, 1 ( satu ) batang pipa paralon putih yang tersambung pipa spiral dan elbow besi ukuran 5 inch
2 batang selang penyemprot ukuran 2 inch, 1 buah jerigen ukuran 35 ltr berisi sekira 10 liter solar, seutas tali penarik gas mesin.

Tesangka berjumlah 4 orang yaitu SAN alamat Sekadau, MU alamat Landau kec Sekadau, RO alamat  Sei Betung kab Bengkayang, MN alamat  Sompak Landak. Semua tersangka telah diamankan.

Kronologis penangkapan, pada hari Selasa tanggal 13 Feb 2018, sekira jam 09:00 wib Personil Polsek Singkawang Selatan telah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi tindak pidana pertambangan mineral dan batu bara, sekira jam 13.00 wib dengan dipimpin oleh Kapolsek Singkawang Selatan gabungan dengan unit buser Polres Singkawang melakukan pengecekan di Gudang Garam alamat Rt. 03 Rw. 01 Kel. Sagatani Kec. Singkawang Selatan. Sekira pkl. 16.30 wib sampai di tempat kejadian ditemukan bahwa ada kegiatan Peti/ dompeng di lokasi tersebut, dalam keadaan mesin hidup dan beberapa orang sedang bekerja, selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap ke empat Tersangka, dan telah diamankan semua Barang Bukti tersebut. Selanjutnya Tersangka dibawa dan diamankan ke kantor Polsek Singkawang Selatan guna diproses Penyelidikan & Penyidikan lebih lanjut, terang humas kasubag Polres Singkawang (Gatot) saat dikonfirmasi wartawan Nusantara News.

Lanjut Gatot, berdasarkan hasil Penyelidikan & Penyidikan sementara dan hasil Pemeriksaan (BAP) dari Saksi-Saksi serta Tersangka maupun Barang Bukti yang telah diamankan tersebut diatas maka Penyelidik / Penyidik Pembantu dapat menyimpulkan, bahwa telah terjadi perkara tindak pidana *pertambangan mineral dan batu bara sebagaimana dimaksud dalam pasal 158 UU RI. No. 04 tahun. 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara Jo pasal 2 ayat (2) huruf b PP No. 23 tahun 2010 ttg pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara ke empat tersangka murni telah melanggar UU/pasal-pasal tersebut, tutupnya.

(EDDY)

Related posts