Rahmat Witoto Berharap Anak Desanya Pintar

Lamsel – Rahmat Witoto Kepala Desa Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, menginginkan agar anak-anak di desanya menjadi anak yang pintar, namun dirinya sangat miris melihat kurangnya daya minat ┬ámembaca di masyarakat terutama bagi kalangan anak-anak.

Untuk itu Kades Sidodadi Rahmat Witoto berinisiatif untuk membuat perpustakaan desa yang letaknya di Kantor Desa. Keinginan membuat perpustakaan desa muncul saat ia berkunjung ke daerah Jogyakarta. Di sana Toto melihat konsep pendidikan yang ada di kota pelajar itu dan mungkin cocok bila diterapkan di desanya.

Akhirya Rahmat Witoto melaksanakan keinginannya, aula yang ada di Kantor Desa disulap menjadi rumah pintar yakni perpustakaan desa, yang sesuai dengan program Bupati Lamsel bahwa pentingnya giat belajar.

Selesai mewujudkan keinginannya mendirikan Perpuseru Toto meminta Camat untuk meresmikannya. Alhamdulillah Camat Sidomulyo Afendi, SE telah meresmikan sekaligus membuka perpustakaan yang diberi nama “Depok Pittohk” pada Minggu (6/8).

Dalam kesempatan itu juga Camat Afendi,SE mengatakan bahwa dengan di resmikannya perpustakaan tersebut dapat menambah wawasan dan juga berbagai ilmu dari buku yang disiapkan dan untuk dibaca, mengapa? Karena sesuai dengan program Bupati bahwa pentingnya giat belajar.

Lebih jauh Afendi menambahkan perpuseru yang ada di desa Sidodadi ini merupakan salah satu perpustakaan yang pertama kali dibuka dan di resmikan olehnya karena itu saya berharap untuk desa-desa yang lain agar dapat mencontoh Perpuseru yang ada di desa Sidodadi, dikarenakan setiap desa sama-sama mempunyai anggaran dari dana ADD/DD, ujarnya

Sementara itu Kades Rahmat Witoto menyampaikan “Saya berharap perpustakaan/rumah pintar di kantor desa dapat difungsikan dan dapat di rawat oleh warga setempat. Karena perpus ini milik warga untuk warga dan saya berharap masyarakat Sidodadi bisa bersama-sama menjaga dan memanfaatkan perpustakaan ini dengan sebaik-baiknya,”pinta Toto.

Ditambahkan pula, kita akan mengejar ketinggalan oleh sebab itu tidak ada lagi alasan masyarakat untuk malas belajar, bahkan kami memberikan bimbingan gratis bagi siswa warga desa Sidodadi, terangnya.

“Depok Pittohk” yang telah diresmikan oleh Camat Afendi,SE telah difasilitasi dengan berbagai buku bacaan, buku tentang wawasan bisnis, ekonomi, pertanian dan tak kalah pentingnya telah disiapkan komputer yang telah tersambung langsung ke jaringan internet dan juga proyektor yang di fungsikan untuk bimbingan belajar (bimbel) bagi para pelajar, tutupnya.

Penulis : Parminto

Editor & Publish : Eny

Related posts