Tiga Desa di Kec. Pengandonan Kab.OKU Menjalani Pelatihan

Baturaja – Tiga desa di Kecamatan Pengandonan menjalani pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Pelatihan Pelaksanaan Teknis Pengelola Keuangan Desa (PTPKD) serta Pelatihan Perencanaan Desa (PPD) Di Kec.Pengandonan Kab.OKU Sumsel.

Pada hari Sabtu 26/08/2017 mula-mula acara Pelatihan tersebut diselenggarakan di Kantor Desa Pengandonan, Kec Pengandonan dengan Kepala desanya, Mugari Sonidin, dan hari Minggunya , dua desa sekaligus, desa Belambangan dengan kepala Desanya Salman Jaya, dan Desa Kesambirate dengan Kepala Desanya Kadrun yang diselenggarakan tepatnya di gedung sekolah dasar (SD) Negeri 119 Desa Belambangan Kecamatan Pengandonan Kab.OKU.

Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan Pelatihan Pelaksanaan Teknis Pengelola Keuangan Desa (PTPKD) serta Pelatihan Perencanaan Desa (PPD) berjalan tertib dan lancar.

Acara pelatihan ini dihadiri Camat Pengandonan Kab.OKU.Nanang Nurjaman dan Sekretarisnya Firdaus, kepala desa Pengandonan, kepala desa Belambangan dan kepala desa Kesambirate. Tiga Kepala desa di tiga desa yang menjalani pelatihan tersebut anggota BPD, dan perangkat desa

Sedangkan Narasumbernya dari PMD Kab.OKU, Kepala Dinas PMD yang diwakilkan Sekretaris dan Kabid Bagian Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Tenaga ahli (TA) Kecamatan, pendamping desa (PD) dan perangkat Desa lainnya.

Di dalam kesempatan ini pihak Dinas PMD Kabupaten Kab.OKU dan Tenaga Ahli TA serta Pendamping desa PD memaparkan perihal tugas dan fungsinya, adalah untuk membuat ketetapan tentang peraturan Desa, menampung serta menyalurkan suara rakyat di desanya, menyampaikan bahwa tugas dan fungsinya adalah membantu tugas sekretaris desa dalam mengelola sumber penghasilan desa, administrasi desa, persiapan bahan untuk membuat (APBD) masing-masing di desa itu sendiri.

Setelah Dana Desa turun maka Pemdes segera melakukan tiga kegiatan tersebut guna membekali setiap perangkat desa anggota BPD menjalankan semua kewajibannya.

Camat Pengandonan Nanang Nurjaman mengharapkan,” Adanya bimbingan ini kita bisa mengetahui, di bidang dan tugas sesuai tupoksinya, dengan adanya Pelatihan ini kami berharap ke depan khususnya desa di Kec. Pengandonan ini mampu mengelola dana desa itu tidak hanya fisiknya saja non fisiknya juga, seperti sumber daya manusia pun kita tingkatkan dana desa ini juga bisa diarahkan untuk menunjang (PAD) Otonomi Desa itu sendiri, selama ini kendala kita terbentur dengan dana, akan tetapi adanya Dana Desa ini yang nilainya tidak sedikit bisa memacu/memicu kreatifitas masyarakat di desa masing-masing, harapan kami dengan adanya Dana desa ini menumbuh kembangkan perekonomian desa dan melalui wadahnya,”harap Nanang.

Saat di konfirmasi NN perihal adanya pelatihan ini Kepala Desa Pengandonan Mugari Sonidin menyampaikan,”Untuk motivasi ke depannya, saya selaku kepala Desa menghimbau kita ┬ájangan menoleh ke belakang, teruslah maju untuk melayani masyarakat desa, jadi kalau kita ada kendala-kendala, ┬áselalu berpatokan dari masayarakat, selalu konsultasi dengan masyarakat, musyawarah dengan masyarakat baik dengan PBD maupun dengan perangkat desa. Baru kita mulai melaksanakannya, apa-apa yang kita rencanakan itu selalu dengan musyawarah tidak bisa diputuskan dengan kita sendiri.

Di sela-sela acara Pelatihan tersebut Kades Belambangan mengatakan,” Pelatihan ini sangatlah penting bagi Perangkat Desa khususnya desa di Kecamatan Pengandonan ini agar dapat melayani masyarakat desa, sesuai dengan tupoksinya masing-masing, kami menyikapinya dan berterima kasih karena bisa mengikuti pelatihan ini,”imbuh Mugari.

Penulis : Supriadi

Editor & Publish : Eny

Related posts