Proyek Pembangunan Jalan Cibeunying Kolot – Cigadung Selatan Terbengkalai

Kota Bandung – Proyek Jalan yang membentang dari jalan Cibeunying Kolot – Cigadung Selatan banyak menimbulkan keresahan di masyarakat dari proses pengerjaannya yang cukup lama dan lebih dari masa kalender kerja serta banyak menghambat akses keluar-masuk jalan warga yang mengakibatkan aktifitas warga terhambat serta menimbulkan kemacetan di jalan karena akses jalan yang diputar arah akibat dari tumpukan-tumpukan tanah bekas galian pembangunan jalan tersebut. Menurut keterangan para warga sebelum proyek tersebut berjalan tidak ada konfirmasi surat pemberitahuan dahulu ataupun ijin mengenai akses jalan keluar-masuk warga untuk dibongkar ataupun memberikan papan jalan sementara agar bisa dilalui oleh warga.

Sempat beberapa pekan yang lalu aktifitas pekerja proyek terhenti dan dari keterangan warga setempat para pekerja tersebut ogah-ogahan untuk bekerja dan sebagian lagi kabur karena masalah upah yang tidak dibayarkan oleh mandor dan meninggalkan hutang piutang di beberapa warung sekitar yang belum terbayarkan. Bagi beberapa para pengusaha sekitar adanya proyek tersebut sudah membuat kerugian cukup besar karena masalah akses jalan mereka yang terganggu sebagian lagi ada yang tutup akibat proyek tersebut terbengkalai dan lama akan pengerjaannya.

Dari Plang Proyek tersebut pekerjaan ini dilaksanakan oleh PT.ARTHA MULTI SARANA, Sumber dana berasal dari APBD tahun anggaran 2017, lama pelaksanaan 100 hari yang seharusnya sudah beres di akhir tahun 2017 lalu dan nominal anggaran proyek tersebut tidak dicantumkan nilainya. Setelah ditelusuri dan dimintai keterangan dari pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) No. 027/18.13/P2JJ.01/SPMK-13/PPKm/DPU/2017 terhitung 100 (seratus) hari kalender terhitung sejak tanggal 30-08-2017 sampai dengan tanggal 08-12-2017 dan dengan nilai anggaran sebesar Rp.2.429.989.000,00 (Dua Milyar Empat Ratus Dua Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Delapan Puluh Sembilan Ribu Rupiah).

PT.ARTHA MULTI SARANA selaku pemenang tender dari perusahaan terpilih dan qualified hendaknya mampu menyelesaikan pekerjaan proyek ini tepat pada waktunya. # Rifki Okta – JABAR

Related posts